Karena Winn-Dixie

on Wednesday, February 15, 2012

Judul: Karena Winn-Dixie
Judul Asli: Because of Winn-Dixie
Penulis: Kate di Camillo
Alih Bahasa: Diniarty Pandia
Tahun: 2004 (Desember)

Apakah kau mencari rumah? sang pendeta bertanya, lembut sekali, pada Winn Dixie. Winn Dixie menggoyang-goyangkan ekornya. "Yah," sang pendeta berkata, "kurasa kau punya rumah sekarang." (hlm 19).

Bagaimana kita memaknai sebuah rumah? Apakah kita memandang bahwa rumah adalah bangun ruang yang terdiri dari lantai, dinding, jendela dan atap? rumah adalah sebuah lambang status dimana rumah menunjukkan kelas sosial seorang manusia. Rumah juga merupakan tempat perlindungan, dimana rumah adalah tempat paling aman dari angin, hujan dan panas. Rumah juga adalah  inspirasi, dimana angan-angan dan cita-cita terbentuk dan berpulang kembali dari dan ke rumah. Dan rumah adalah bentuk penerimaan, bagi orang-orang yang tersisih, bagi yang kehilangan, bagi yang tak berpunya sanak, bagi yang ditolak, dan bagi yang sendiri.

Dari sudut pandang seorang anak kecil berusia 10 tahun bernama India Opal. Ia kesepian sebab ia tak punya adik atau kakak, ibunya meninggalkan ia dan ayahnya, dan ayahnya sendiri sebagai pendeta sebuah gereja di Naomi, Florida. Winn-Dixie adalah nama anjing yang ditemukan Opal di sebuah toko serba ada. Sebuah kejadian unik mengawali pertemuan mereka.

Bila mencermati akan apa yang disampaikan oleh peristiwa-peristiwa kecil yang dialami oleh India Opal, terasa suatu nuansa kesepian dan kerinduan. Seperti pada saat India Opal bertanya pada ayahnya tentang bagaimana rupa ibunya, dan ia juga menanyakan tentang sepuluh hal tentang ibunya pada ayahnya. Ada suatu kerinduan dimana ia ingin sekali tahu lebih banyak tentang ibunya. Dan disinilah bagian kritis cerita ini: Anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang besar, sementara orang dewasa seperti ayahnya Opal tidak menyadari pentingnya memberi pengertian.

Kisah ini sudah difilmkan pada tahun 2005. Opal diperankan Annasophia Robb (Anna berusia 12 tahun ketika memerankan Opal), Ayah Opal diperankan oleh Jeff Daniels, Gloria diperankan oleh Cicely Tyson, Otis diperankan oleh Dave Matthews.

Cerita ini dijadikan bahan ajar di sekolah-sekolah Amerika.  Karena itu juga Because of Winn -Dixie ini memperoleh banyak penghargaan. Antara lain Newbery Medal, Josette Frank Award dari Children's Book Committee at Bank Street College of Education, Mark Twain Award. Lalu, apa saja yang dialami seteah bertemu dengan Winn-Dixie? Silakan temukan jawabannya pada buku ini di perpustakaan gereja J

Helvry, 31 Januari 2012 | http://perpuscengkir.blogspot.com

0 comments:

Post a Comment