Nasional.Is.Me

on Sunday, September 4, 2011

Judul: Nasional.Is.Me
Penulis: Pandji Pragiwaksono
Penerbit: Bentang

Bicara jujur soal opini anak muda negara kita, biasanya yang lebih sering saya dengar adalah komentar negatif dan sikap pesimis yang sudah diwarisi dari para orangtua. Tetapi Pandji Pragiwaksono dengan sukses memberikan pandangan segar, sebuah semangat optimisme yang sebenarnya kita perlukan. SAya tahu banyak anak muda pemalas di luar sana yang akan tertampar membaca buku ini. Banyak anak muda di luar sana yang ketika tidak puas dengan hidupnya, akan langsung menyalahkan negara, menyalahkan sistem, dll.


Bukan berarti negara kita sudah betul, tetapi kita harus melihatnya dengan lebih objektif. Yang jelas, negara ini tidak akan dibawa maju oleh segerombolan orang pengeluh. Inilah semangat yang saya sukai dari Pandji. Pemikirannya mengalir lancar, argumen-argumennya begitu kuat dan yang paling penting, dia berani berbuat dan telah membuktikan opini-opininya di buku ini. Saya suka sekali dengan kisah-kisah Pandji ketika keliling Indonesia, dan argumennya mengenai Singapura, satu hal yang bisa membungkam semua orang yang melulu memakai ilustrasi dari negara itu untuk mengluhkan kondisi bangsa. Membaca Nasional.Is.Me telah mengubah cara pandang saya terhadap negara, dan jujur saya makin cinta Indonesia.

Belum, negara ini belum sempurna. Tapi semua ada di tangan kita sebagai pemuda. Apakah kita bernar-benar mencintai bangsa kita? Atau jangan-jangan kita sama seperti sejumlah teman saya, yang mendadak jadi fans militan timnas ketika sedang menang, tetapi lantas jadi yang paling pertama memaki-maki dan merasa malu ketika timnas kita sedang kalah? :)



3 comments:

Helvry Sinaga said...

sepertinya bagus yaaah..
jadi pengen baca, wkwkwk

Unknown said...

sip

olivia elena hakim said...

iyaa bagus ituuu hehehe

Post a Comment