iseng-iseng arum niyh

on Wednesday, June 1, 2011

Alkisah di sebuah rumah tua hiduplah seorang nenek sebatang kara. Sehari-hari yang bisa dikerjakan olehnya hanya merebus air dan mencuci panci bekas rebusan. Sedangkan untuk makan, secara bergiliran orang desanya mengirimkan ia makanan.

Di suatu malam saat sang nenek sedang tertidur pulas, panci dan ember kesayangan nenek itu bercakap-cakap.
Ember : “Panci, enak ya jadi kamu. Kamu setiap hari dimandiin ama nenek. Udah bersih di lap terus ditaruh di tempat yang hangat dan nyaman. Sedangkan aku? Aku ditaruh di tempat lembab, dan dingin”
Panci : ”Yaelah.mber. Aku kan buat masak air. Kalo aku ditaruh di tempat kotor, besok pas masak air, air yang dimasak jadi kotor juga dong? Ga usah ngiri lah. Kita udah punya tugas dan tempat kita masing-masing”
Ember : ”Ga. Ini ga adil. Pokoknya aku mau tukeran tugas ama kamu”
Panci : ”Ah jangan ah. Kamu ga bakal sanggup ama tugas aku,mber! Sumpah dah. Udah jalanin aja tugas kita masing-masing”
Dengan menggeleng keras ember menjawab :”Ga! Pokoknya aku mau tukeran tugas ama kamu! Mulai besok! Besok kita bilang ama nenek tentang tukeran tugas kita!”
Panci menatap ember prihatin :”Tapi kamu ga bakal kuat nanggung tugas aku, mber”
Ember menggeleng keras,”Aku tetep mau tugas kamu. Biar aku diperhatiin ama nenek kayak nenek merhatiin kamu!”

Keesokan harinya ember dengan semangat bercerita kepada nenek bahwa ia dan panci sudah bertukar tugas. Nenek hanya tersenyum kemudian mengangkat ember, mencucinya sampai bersih, mengisinya dengan air bersih dan meletakkannya di atas kompor. Ember melonjak-lonjak kegirangan di atas kompor yang apinya belum menyala itu.
Panci yang melihat hal itu sangat sedih. Ia takut terjadi sesuatu yang buruk terhadap ember, teman satu-satunya itu.
Tak berapa lama nenek menyalakan kompor di bawah ember.
Mula-mula ember tidak merasakan apa-apa, ia terus tersenyum menatap panci yang berada di lantai dibawahnya. Tapi tak berapa lama, ia merasa badannya mulai panas. Ia pun mulai bergoyang ke kanan dan ke kiri.
Ember :”Aduh! Kenapa nih? Kok panas banget sih?”
Panci yang melihat hal itu menyuruh nenek untuk mengangkat ember dari atas kompor. Tapi dengan berseru keras ember menjawab :”Ga usah! Aku bisa tahan kok ama semua ini! Nenek tenang aja. Aku bisa menjalankan tugasnya panci kok Nek!”
Nenek dan panci mulai khawatir melihat ember berpeluh dan mulai meleleh sedikit demi sedikit.
Ember mulai berloncat-loncat karena kepanasan, bagian tubuhnya mulai meleleh.
Ia berteriak ketakutan :”Nek!!! Tolong nek. Turunin aku nek!!! Panas nek..!!! Panas!!!!”

Nenek pun menurunkan ember dari atas kompor dan menyiram ember dengan air dingin. BYUUURRR
Panci dan nenek memandangi ember yang badannya meleleh sedikit itu.
Panci : ”Kamu ga papa, mber?”
Ember : ”Ga kok. maaf ya,Nci. Aku udah sirik ama kamu. Padahal aku ga bisa gantiin posisi kamu, tapi aku malah sok mau gantiin kamu biar dapet perhatian nenek. Maaf ya? Kamu masih mau kan jadi temen aku?”
Panci sambil tersenyum menjawab :”Yaiyalah. Kamu tuh temen aku satu-satunya. Makanya semalem aku ngotot supaya kita ga tukeran. Karena itu bukan tugas kamu. Kita udah punya tugas masing-masing. Udah punya tempat tersendiri. Lagian, mau dimanapun kita, kita tetap dipake sama nenek buat ngebantu dia. kita berarti buat nenek. Nenek ga beda-bedain kok. kita harus menjalankan tugas kita sebaik mungkin. Itu aja”
Ember tersenyum dan merangkul panci sahabatnya.

4 comments:

olivia elena hakim said...

hahahahaha ehh rumski, post-in cerita humor si ibu yang waktu itu dong :D

helvry said...

huh..dasar ember..tidak menggunakan teknologi kaca, wkwkwk

Perpustakaan said...

kak oliph : beres buuu
kak helvry " maksudnya teknologi kaca apa ya??

helvry said...

haduh..itu istilah halus buat:
"ngaca dong"
"sadar diri"

xixixixi

Post a Comment