To Kill a Mockingbird

on Saturday, May 7, 2011

Judul : To Kill a Mockingbird
Pengarang : Harper Lee
Genre : Fiksi
Penerbit : Penerbit Qanita (Mizan Group)
Tebal : 536 halaman (edisi Gold, 2010)


Novel yang diterbitkan pertama kali pada tahun 1960. Diceritakan dari sudut pandang seorang anak 6 tahun, Jean Louis atau Scout yang tumbuh besar bersama kakaknya Jeremy Finch dan sahabat musim panas mereka, Charles Baker "Dill" Harris. Mereka tinggak di kota kecil Maycomb County, Alabama. Ayah mereka, Atticus Finch adalah seorang pengacara. Ibu mereka sudah meninggal, namun ada Calpurnia yang mengasuh mereka.
Di seberang rumah Keluarga Finch, tinggal keluarga Radley yang memiliki seorang anak yang tidak keluar rumah. Nama anak itu Arthur "Boo" Radley. Scout bersama Jem dan Dill, sangat penasaran melihat rupa Boo Radley. Jem menggambarkan bahwa Boo sangat menyeramkan. Namun, setiap pulang sekolah, pada cerukan pohon di dekat rumah, ada berbagai hadiah yang disiapkan bagi mereka. Siapa yang memberikan hadiah-hadiah itu?

Kehidupan keluarga mereka sepertinya berubah sejak Atticus Finch membela seorang keturunan kulit hitam yang bernama Tom Robinson. Tom Robinson dituduh melakukan tindakan asusila kepada wanita kulit putih yang bernama Mayella Ewell. Di depan pengadilan, Atticus meyakinkan hakim dan juri dan seluruh peserta sidang bahwa Tom tidak bersalah. Namun, prasangka-lah yang membuat buta hati nurani manusia. Apakah kehendak Tom ia terlahir sebagai orang berkulit hitam? Apakah sebuah keniscayaan jika seorang berkulit hitam adalah adalah makhluk yang tidak bermoral?

Novel yang mendapatkan penghargaan Pulitzer Award ini pada Tahun 1961, sudah difilmkan dengan judul yang sama pada Tahun 1962. Sastra klasik Amerika layak dibaca sebab memuat nilai-nilai yang menekankan toleransi dan mencela prasangka.

0 comments:

Post a Comment