Kisah di Balik Kidung

on Tuesday, October 11, 2011

Judul : Kisah Kidung
Pengarang: Alfred Simanjuntak
Penerbit: Yamuger



Sebagai manusia buta nada dari keluarga berlatar belakang non-musik, saya dulu berpikir bahwa lagu hanyalah sebuah lagu. Hanya bagian dari ritual Minggu yang tidak pernah bermakna lebih. Seorang petugas pemandu nyanyian jemaat di sebuah gereja membuka pikiran saya. Pria itu sudah tergolong lansia, tetapi semangat dan antusiasmenya dalam menjalankan tugas pelayanannya sangat membara. Dan, yang unik, sebelum kebaktian dimulai ia menyempatkan diri untuk mengajak jemaat melatih beberapa lagu dan menceritakan kisah di balik penciptaan lagu-lagu kidung jemaat.

Waktu itu saya berpikir: kok dia bisa tahu ya? Beberapa tahun kemudian, setelah saya membantu pengelolaan perpustakaan gereja saya sendiri, seorang jemaat datang dan menyumbangkan buku ini. Nah, ini dia ternyata rahasia si kakek!

Kisah Kidung ini menyajikan berbagai cerita inspiratif dari lagu-lagu yang kita kenal dalam keseharian ibadah. Menurut saya ini benar-benar referensi berharga yang patut dibaca oleh semua jemaat. Dengan mengetahui cerita di balik setiap lagu, ada perasaan berbeda tiap kali mulut kita menyanyikannya. Lagu-lagu itu tidak muncul begitu saja, tetapi menyimpan sebuah cerita di baliknya.

Memang, semua lagu yang dibahas dalam buku ini adalah lagu terjemahan dari luar, dan itu pun tidak lengkap seisi KJ dibahas. Tahukah Anda, bahwa lagu-lagu PKJ karangan lokal pun memiliki kisah menarik di baliknya? Saya mempelajari hal ini ketika mewawancarai Arnoldus Isaak Apituley, seorang pengarang lagu yang banyak dipakai di PKJ, untuk proyek masa Advent gereja. Begitu banyak kisah indah di balik sebuah lagu. Sayangnya belum ada sebuah buku yang ditulis lengkap mengenai ini. Konon, alm. Christina Mandang telah memulai pembuatan buku seperti ini, tetapi Tuhan ternyata memiliki rencana lain. Semoga kelak kita bisa melihat buku 'kisah kidung' komplit karangan anak negeri ini di rak toko buku. Sampai saat itu tiba, buku Kisah Kidung karangan Alfred Simanjuntak ini cukup membuka wawasan dan menginspirasi :)

1 comments:

Helvry Sinaga said...

wah oliv, tolong dikasih ke sini dong hasil wawancara dengan pak Apituley-nya. Sepertinya baguus :)

Post a Comment