Selamat Berpelita

on Monday, July 4, 2011

Judul: Selamat Berpelita
Penulis: Andar Ismail
Editor: Rika Uli Napitupulu-Simorangkir
Korektor Naskah: Raka Sukma Kurnia
Desain Sampul: Maxdalena W.
Tebal: vii+138 halaman
Penerbit: BPK Gunung Mulia, Februari 2011
ISBN: 9789796878451

Andar Ismail mengajak merenung tentang Alkitab. Pertanyaan seperti: Bagaimana awal mula tersusunnya kitab-kitab menjadi 66 buku? Apakah Bangsa Israel di Alkitab adalah negara Israel sekarang? Mengapa ada 4 Injil yang menceritakan tentang Yesus Kristus? Mengapa orang Kristen seharusnya minta maaf kepada orang Yahudi? Dijawab dengan cerdas oleh Andar Ismail dengan bahasa yang ringan dan mudah dimengerti.

Buku ini memaparkan dengan ringkas sejarah penulisan Alkitab, ungkapan-ungkapan dalam Alkitab. Andar Ismail menekankan pentingnya punya kebiasaan membaca. Ia mencontohkan RA Kartini dan Gusdur sebagai tokoh yang punya kegemaran membaca dan kebiasaan itu berdampak memerangi kebodohan dan berpikir sempit. Demikian juga bagi kita yang menamakan pengikut Kristus, seyogyanya mengetahui isi Alkitab supaya menaati dan mempercayai inti isi Alkitab.

Tidak ada istilah tamat dalam belajar. Termasuk belajar tentang Alkitab. Berapa banyak seseorang telah membaca ulang Alkitab juga tidak menjadi ukuran. Penulis sekelas Andar juga mengakuinya dengan mengatakan pada bagian akhir buku ini: Perjalanan mengetahui isi Alkitab tidak berakhir. Perjalanan itu masih panjang. Perjalanan mempelajari dan mengetahui isi Alkitab adalah perjalanan selama hayat dikandung badan.

@helvry
Perpustakaan GKI Kelapa Cengkir
http://perpuscengkir.blogspot.com

0 comments:

Post a Comment